Pengertian Media Sosial - Poin 100
Keberadaan internet membuat siapa saja bisa mengakses berbagai informasi, maka tidak heran belakangan ini banyak sekali betebaran situs-situs yang membahas mengenai Pengertian Media Sosial. Hal ini sangat logis mengingat di era pandemi ini, masyarakat kita lebih sering melakukan proses belajar mengajar secara daring. Baiklah sudah cukup basa-basinya, yuk langsung masuk ke pembahasan saja.
Penjelasan Lengkap Pengertian Media Sosial
Di dunia modern seperti sekarang, media sosial memiliki pengertian yang sama sebagai salah satu kebutuhan yang tak pernah lepas dari diri seseorang.
Dengan fungsi utama untuk berbagi, media sosial memudahkan setiap usernya untuk berpartisipasi serta membuat konten menarik dan informatif yang dapat dilihat oleh orang banyak.
Jejaring sosial seperti blog ini juga merupakan salah satu bentuk dari media sosial yang paling umum dan banyak digunakan oleh orang – orang di dunia.
Pengertian Media Sosial
a. Secara Umum
Apabila kita mengartikan kata “sosial” maka memiliki makna interaksi antar manusia, sedangkan “media” merupakan alat komunikasi. Sehingga secara sederhana/ umumnya pengertian dari media sosial atau disingkat medsos adalah:
“Alat komunikasi yang berbasis aplikasi/ web yang memungkinkan setiap user/ penggunanya untuk saling berinteraksi satu sama lain melalui berbagi atau mendapatkan informasi yang sudah ada.”
b. Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah beberapa pengertian media sosial menurut para ahli, antara lain:
1. Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien
“Media sosial merupakan suatu kelompok aplikasi dengan basis internet yang dibangun dengan menggunakan dasar ideologis Web 2.0 (platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan adanya pertukaran dan penciptaan dari User Generated Content.”
2. Philip Kotler dan Kevin Keller
“Media sosial merupakan sarana untuk pengguna dalam melakukan berbagai informasi berupa gambar, teks, video, serta audio dengan yang lain atau sebaliknya.”
3. Chris Brogan
“Medsos ialah seperangkat alat komunikasi serta kombinasi baru yang memungkinkan berlangsungnya beragam jenis interaksi yang sebelumnya tidak ada.”
4. Marjorie Clayman
“Media sosial merupakan suatu alat pemasaran baru yang memungkinkan dalam mengetahui pelanggan serta calon pelanggan dengan menggunakan metode yang sebelumnya tidak mungkin.”
5. M. Terry
“Media sosial ialah suatu media komunikasi yang mana setiap user bisa membuat konten secara bersama serta memakai teknologi penyiaran berbasis internet yang berbeda dengan media siaran tradisional atau media cetak.
6. Michael Cross
“Medsos ialah istilah yang menunjukan tentang berbagai teknologi yang dipakai untuk mengikat orang – orang ke dalam sebuah kolaborasi untuk saling bertukar informasi serta berinteraksi lewat isi pesan dengan basis web.”
Karakteristik/ Ciri Media Sosial
Berikut ini adalah beberapa karakteristik umum yang dimiliki oleh media sosial, diantaranya ialah sebagai berikut:
1. Keterhubungan
Dengan menggunakan media sosial, setiap usernya dapat terhubung dengan user lain dengan menggunakan fitur tautan (links).
Proses dari pengiriman pesan pada media sosial cenderung lebih cepat daripada media lain. Sehingga membuat lebih banyak informasi yang terhubung pada suatu media sosial.
2. Partisipasi Pengguna
Seluruh media sosial cenderung mendorong setiap usernya untuk ikut berpartisipasi serta memberikan kilas balik pada pesan/ konten yang ada di media sosial.
Pesan yang ada di medsos tersebut dapat langsung dikirimkan serta diterima/ dibaca oleh banyak orang.
3. Adanya Perbincangan
Kebanyakan media sosial ini memungkinkan setiap usernya untuk menciptakan interaksi pada sebuah konten. Baik itu dalam bentuk reaksi/ perbincangan lainnya.
Dan yang lebih unggul, pada si penerima pesan ini bebas untuk menentukan kapan akan melakukan interaksi pada pesan tersebut.
4. Adanya Keterbukaan
Sebagian besar media sosial juga memberikan kesempatan untuk setiap penggunanya dalam memberikan pendapat, voting, berbagi, atau kegiatan lainnya.
Pengiriman pesan ini bisa dilakukan secara bebas tanpa harus lewat Gatekeeper.
Fungsi/ Manfaat Media Sosial
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari media sosial, diantaranya ialah sebagai berikut:
- Memungkinkan setiap user untuk melakukan komunikasi secara online sehingga kegiatan akan lebih efektif. Contoh: Chatting, memberitahukan kabar, menyebarkan undangan, dan membagikan status.
- Mencari informasi, berita, serta pengetahuan baru yang lebih cepat.
- Dapat menghasilkan lapangan kerja baru. Contoh: admin media sosial, jasa sosial media marketing, post to promote, dan yang lainnya.
- Untuk menggerakkan masyarakat pada beberapa hal layaknya politik pemerintahan, suku, agama, ras serta budaya (SARA).
- Untuk dijadikan salah satu strategi mempromosikan produk untuk para pebisnis.
- Mengundang tanggapan dari masyarakat umum.
- Media berbagi informasi hingga dengan skala internasional.
- Memberikan saran, kritikan, celaan, dan juga pembelaan.
- Mengenalkan kemampuan/ skill pribadi.
- Memperoleh hiburan.
Fitur Umum pada Media Sosial
Untuk membedakan antara social media platform dengan aplikasi berbasis internet yang lainnya, paling tidak media sosial mempunyai salah satu fitur yang ada di bawah ini, antara lain:
- Akun pengguna.
- Halaman profil.
- Teman, pengikut, hashtag.
- Lini masa (yang memberikan informasi update -an terkini dari pengguna yang lain.
- Personalisasi (pengaturan untuk akun).
- Notifikasi.
- Kolom komentar dan reaksi.
Jenis Media Sosial
Media sosial bisa dikelompokan menjadi beberapa bagian besar, diantaranya ialah sebagai berikut:
1. Social Networks
Pengertian: Media sosial yang digunakan untuk bersosialisasi serta berinteraksi.
Contoh: Facebook, hi5, myspace, bebo, Linked in, dan yang lainnya.
2. Discuss
Pengertian: Media sosial yang memberikan fasilitas pada sekelompok orang agar dapat melakukan obrolan serta diskusi.
Contoh: Zoom, google talk, yahoo! M, google hang out, skype, phorum, dan yang lainnya.
3. Share
Pengertian: Media sosial yang memberikan fasilitas agar penggunanya dapat melakukan transfer video, file, music dan lain lain.
Contoh: Youtube, feedback, slideshare, crowdstorm, dan flickr.
4. Publish
Contoh: Wordpredss, blog, wikipedia, digg, wikia, dan yang lainnya.
5. Social Game
Pengertian: Media sosial yang berupa game sehingga penggunanya bisa bermain solo atau dimainkan secara bersama – sama.
Contoh: Koongregate, pogo, doof, cafe.com, dan yang lainnya.
6. MMO
Contoh: Kartrider, neopets, warcraft, conan, dan yang lainnya.
7. Virtual Worlds
Contoh: Habbo, starday, imvu, dan yang lainnya.
8. Livecast
Contoh: Y! Live, justin tv, blog tv, livecastr, listream tv, dan yang lainnya.
9. Livestream
Contoh: Socializr, socialthings!, froendsfreed, dan yang lainnya.
10. Micro Blog
Contoh: Twitter, pownce, plurk, plazes, twirxr, tweetpeek, dan yang lainnya.
11. Situs Blog
Pengertian: Media sosial yang memungkinkan setiap pemilik blog serta pembacanya untuk dapat berinteraksi.
Pada umumnya, blog ini dibuat dengan berdasarkan minat atau keahlian dari pemilik blog/ konten sehingga isinya dapat mempengaruhi banyak orang.
Contoh: yusinau.id, berakal.com, dan yang lainnya.
12. Komunitas Online (Forum)
Pengertian: Situs forum atau komunitas online pada umumnya dibangun oleh perorangan maupun kelompok yang memiliki suatu minat dalam suatu bidang.
Para user dari forum tersebut bisa melakukan diskusi, chatting, hingga memposting mengenai topik yang berkaitan dengan forum tersebut.
Contoh: Kaskus.co.id, Ads.id, Brainly.co.id, Bersosial.com, Formaxmanroe.com, Indowebster.com, dan yang lainnya.
13. Social Bookmark
Pengertian: Ide awal dari situs social bookmark ini yaitu untuk dijadikan sebagai wadah untuk user internet agar dapat menyimpan alamat website yang mereka sukai.
Tetapi belakangan ini user situs social bookmark sudah mulai berkurang, sebab situs ini banyak dipakai untuk kegiatan spam.
Contoh: StumbleUpon, Reddit, Slashdot, Diigo.com, Scoop.it, dan yang lainnya.
Media sosial menghapus batasan – batasan manusia dalam bersosialisasi, batasan ruang dan waktu. Sebab dengan menggunakan media sosial ini, memungkinkan setiap manusia untuk berkomunikasi antara satu sama lain dimanapun mereka berada, dan kapanpun itu.
Dampak Media Sosial
a. Dampak Positif
- Mempererat tali silaturahmi.
- Menyediakan informasi yang tepat dan juga akurat: Kita dapat memperoleh informasi dari sosial media berupa informasi lowongan kerja, perguruan tinggi, hingga beasiswa.
- Menambah wawasan dan pengetahuan.
- Untuk mencari teman baru atau lebih akrab dengan teman lama.
- Menyediakan ruang untuk menyebarkan konten positif: User media sosial pada waktu sekarang ini telah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, atau tokoh berpengaruh lainnya.
b. Dampak Negatif
Berikut diantara major issues yang muncul dari penyalahgunaan sosial media.
- Spam: Medsos memiliki spammer yang bertebaran untuk membombardir netizen dengan isi spam. Distributor spam itu pada umumnya merupakan akun yang dikelola oleh orang secara langsung maupun oleh bot.
Contoh: Instagram memiliki 8% akun bot. - Cyberbullying.
- Berita palsu (HOAX): Tingkat kesadaran untuk mengolah informasi menjadi faktor penting bagaimana dengan mudahnya seseorang dalam membagikan suatu informasi yang belum tervalidasi atau bahkan provokatif.
Selain itu ada beberapa dampak negatif lainnya dari medsos seperti:
- Pornografi.
- Membuat anak malas dalam belajar.
- Membuat orang menjadi apatis dalam kehidupan nyata.
- Lupa waktu.
- Menjadi ladang subur untuk para predator kejahatan.
The post Pengertian Media Sosial appeared first on Yuksinau.
ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Comments
Post a Comment