Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Contoh - Poin 100
Keberadaan internet membuat siapa saja bisa mengakses berbagai informasi, maka tidak heran belakangan ini banyak sekali betebaran situs-situs yang membahas mengenai Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Contoh. Hal ini sangat logis mengingat di era pandemi ini, masyarakat kita lebih sering melakukan proses belajar mengajar secara daring. Baiklah sudah cukup basa-basinya, yuk langsung masuk ke pembahasan saja.
Penjelasan Lengkap Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Contoh
Hampir setiap hari kita menemui berbagai iklan yang menawarkan barang atau jasa yang ditawarkan melalui berbagai media seperti televisi, radio, internet, koran, maupun media lain. Dengan tujuan agar orang lain membeli atau menikmati barang atau jasa, untuk itu teks iklan harus mempunyai struktur dan kaidah kebahasaan yang benar, untuk itu kami akan sekaligus memberikan contohnya agar kamu lebih paham.
Pengertian Teks Iklan
Teks Iklan adalah salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat yang dibuat se-menarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut.
Iklan dapat disampaikan melalui media cetak (koran, majalah, dll), maupun elektronik (radio, internet, televisi, dll).
Iklan juga bisa ditemui dalam bentuk brosur, spanduk, dan poster. Dengan tujuan menarik perhatian masyarakat, sehingga teks iklan adalah persuasif.
Materi terkait: Jenis dan Kaidah Kebahasaan Teks-Iklan
Iklan tidak selamanya mengenai hal komersil, bisa juga berisi tentang layanan masyarakat yang dibuat oleh instansi pemerintah atau swasta untuk mendukung program yang dilaksanakan.
Syarat Iklan:
- Sesuai fakta (jujur) dan objektif
- Singkat, jelas, padat, mudah dipahami
- Tidak menyinggung pihak lain
- Tepat sasaran
- Kata-kata sopan, menarik, logis
Struktur Teks Iklan
Untuk membuat suatu iklan yang baik dan benar perlu diperhatikan 3 struktur teks iklan berikut ini:
- Judul yaitu bagian yang diletakkan dibagian paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul.
- Nama Produk/Jasa yaitu bagian yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.
- Deskripsi yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan menarik dan cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi.
Fungsi
Beberapa fungsi iklan yaitu:
- Sebagai upaya pendekatan / persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli)
- Sebagai informasi untuk menyampaikan produk baru
- Sebagai pengingat agar konsumen selalu menggunakan produk tersebut
Ciri iklan yang baik
Beberapa ciri iklan yang baik diantaranya:
- Memiliki sasaran yang jelas dengan menentukan target konsumen. Selanjutnya menentukan media pasang iklan dan penetapan target konsumen tergantung pada harga, distribusi, kualitas.
- Memiliki fokus atau hal yang ingin diberitahu dari produk dan jasa yang diiklankan.
- Memiliki daya tarik tertentu sehingga konsumen yang dibidik bisa berhenti dan memperhatikan isi iklan. Selain kata-kata yang memikat, daya tarik iklan bisa timbul karena desain yang menarik.
- Sajikan iklan dengan sebagus dan semenarik mungkin
- Komunikasi iklan mempunyai 4 unsur utama, yaitu:
- Pengirim iklan ialah produksen atau dalam bisnis periklanan bisa diwakili oleh biro iklan
- Isi iklan dalam iklan headline tidak lebih dari 10 kata dan diharapkan konsumen bisa dapat banyak informasi tentang produk dan jasa
- Media komunikasi tempat iklan disajikan. Biasanya di media sosial, media cetak, dan lainnya.
- Penerima iklan konsumen yang dibidik produk barang / jasa kita.
- Pilih slogan yang padat tetapi berisi yang merupakan headline dari produk/jasa kit
Kaidah Kebahasaan
1. Menggunakan slogan
Slogan ialah kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok. Slogan biasanya berupa susunan kata tertentu yang memberi penjelasan secara singkat terhadap suatu produk atau jasa sehingga mudah diingat.
Misalnya:
- Merdeka atau mati
- Say no to drugs
2. Kalimat Persuasif
Maksudnya kalimat ini bertujuan meyakinkan serta membujuk pembaca agar menerima gagasan penulis terhadap sesuatu. Ada beberapa kalimat persuasif di iklan produk tersebut.
3. Memakai Subjek Ornag Pertama
Biasanya, teks iklan akan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal / jamak Seperti aku, saya, dan kami, untuk mengganti instansi pemasang iklan. Subjek yang dipakai di teks iklan itu ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.
Jenis Teks Iklan
- Iklan Pengumuman, yaitu iklan dengan tujuan memberitahu masyarakat tentang hal penting seperti kelahiran, ulang tahun, dan sejenisnya.
- Iklan Undangan, yaitu iklan ajakan untuk mengikuti acara tertentu, misalnya pernikahan.
- Iklan Layanan Masyarakat, yaitu iklan yang menjelaskan kepada masyarakat tentang program pemerintah atau swasta, misalnya program Keluarga Berencana, anti-narkoba, dan sejenisnya.
- Iklan Permintaan, misalnya iklan lowongan pekerjaan.
- Iklan Penawaran, yaitu iklan yang berisi promosi produk barang atau jasa.
- Iklan Artikel, yaitu uraian iklan panjang mengenai suatu hal meliputi kelebihan dan keunggulan produk atau jasa.
Contoh Teks Iklan
Setelah mengetahui struktur, syarat, dan contoh teks ini diharapkan ketika kamu ingin membuat suatu iklan yang akan dipublikasikan melalui media cetak maupun elektronik, diharapkan iklan yang dibuat dapat mengikat minat dari masyarakat.Referensi:
https://ift.tt/0yfUVp9
https://ift.tt/67OBrHv
The post Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Contoh appeared first on Tuliskan.
ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Comments
Post a Comment